Minggu, 15 Juli 2012

FLUSHING


AC/kulkas yang pernah mengalami kebocoran di pipa-pipa atau evaporator biasanya akan menyebabkan oli pada kompresor naik ke jalur pipa dan mengendap pada evaporator juga pada pipa, endapan oli inilah yang mengakibatkan sirkulasi freon menjadi tidak lancar walaupun kebocorannya sudah dapat teratasi, AC/kulkas tidak akan dapat mencapai suhu yg normal , ada cara untuk mengembalikan AC/kulkas kembali normal seperti baru yaitu dengan cara di Flushing bagaimana cara mengatasi Ac/kulkas tersumbat?? sebelum kita memvonis AC/kulkas tersumbat terlebih dahulu kita kenali dulu gejala-gejala yang timbul akibat tersumbat.
1. Ukur dengan Manifold gauge, jarum pada manifold tidak stabil (kadang naik turun)
2. Terdengar suara berisik (suara desiran air)pada evaporator bila terdapat gejala tsb segera service AC/Kulkas tersebut karena bila di biarkan akan mengakibatkan kompresor rusak.  
Cara Flushing Mengatasi AC/kulkas tersumbat
Cara Flushing Kompresor- pasang manifold, selang kuning pada pipa yang akan di flushing atau pada pipa pengisian freon yg terdapat pada kompresor biasanya yg sering tersumbat pipa kapiler(pipa kecil). hubungkan selang warna biru pada tabung freon Gunakan freon R11 untuk mengangkat oli ataupun kotoran yang mengendap pada jalur pipa, pasang selan warna merah pada tabung freon R22/R134a, buka tabung R11 dan kran (terbuka penuh) agar R11 dapat mengalir ke dalam pipa, setelah R11 masuk kedalam pipa tutup kembali kran dan tabung R11, lanjutkan dengan membuka tabung freon R22 dan kran selang warna merah untuk mendorong R11, tutup dengan tangan pada pipa besar tekan dengan kuat sampai bertekanan tinggi kemudian lepas dan tutup lagi, oli akan larut dengan R11 (lakukan berulang-ulang hingga tidak ada sisa freon R11). lakukan cara tsb sampai benar-benar tidak ada lagi oli pada jalur pipa. dan kemudian isi freon kembali sesuai prosedur.

NB. membersihkan pipa2 bisa juga menggunakan Methyl/towzone (cairan pembersih kulkas) melalui pipa stainer/saringan dgn cara vakum body dan sudah pernah jg di bahas didokumen dgn judul cara mengisi freon

8 komentar:

  1. Mohn petunjuknya master tentang flushing secara detail! Pipa kapiler yg dipotong apakah didekat filter ato di input yg masuk di evav.mhn mf master mash awam.thanks sbkmx

    BalasHapus
  2. Apakah R11 yg nelewati Kompresor tidak "mengganggu" oli di dalam kompresor?
    Baiknya, copot pipa tekan dari kompresor, lalu pipa tsb las dgn pentil.
    Copot pula pipa hisap di kompresor dan biarkan terbuka.
    Hal ini dimaksudkan agar R11 (pembersih oli) tidak masuk ke dalam Kompresor.

    BalasHapus
  3. salam gan.... mohon pencerahan sy sdg mlakukn vacum mesin pendingin (chiler), knp angin yang kluar dri kpiler striner tdak habis2, manipol -20an, mohon petunjuk gan... trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak habis-habis kemungkinan ada kebocoran. Alangkah baiknya memvakum menggunakan alat vakum minimal 1/4pk

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Wuaduhhh... R22/134 dimasukan jd satu dengan R11... Hancur itu kokom punya orang...

    BalasHapus
  6. Wuaduhhh... R22/134 dimasukan jd satu dengan R11... Hancur itu kokom punya orang...

    BalasHapus