Jumat, 13 Juli 2012

Komponen Pada System Kulkas

KOMPRESOR
Kompresor ini merupakan bagian terpenting di dalam kulkas, Kompresor berfungsi memompa bahan pendingin (Freon) keseluruh bagian kulkas, dan juga untuk menaikkan temperatur kondensasi gas refrigerant dengan cara menaikkan tekanan gas refrigerant yang masuk dari evaporator. Timbul Efeknya kerusakan pada Compressor kulkas adalah tegangan listrik yang tidak stabil (naik turun) / tegangan terlalu rendah sehingga kinerja Compressor menjadi berat ( saran dari Saya pasang AVR / STABILIZER ) untuk menghindari tegangan yang tidak stabil, beban muatan melebihi kapasitas kulkas, Kulkas terlalu dekat dengan dinding/tembok rumah, beri jarak antara body kulkas dengan dinding minimal 30 cm untuk sirkulasi udara yang lebih baik.

KONDENSOR
Kondensor adalah alat penukar kalor untuk mengubah wujud gas bahan pendingin pada suhu dan tekanan tinggi menjadi wujud cair. Jenis kondensor yang banyak digunakan pada teknologi kulkas saat ini adalah kondensor dengan pendingin udara. Yang digunakan pada sistem refrigrasi kulkas kecil maupun sedang. Kondensor seperti ini memiliki bentuk yang sederhana dan tidak memerlukan perawatan khusus. Saat lemari es bekerja kondensor akan terasa hangat bila dipegang. Gas refrigerant panas bertekanan dan bertemperatur tinggi yang masuk dari Kompresor akan keluar sebagai cairan refrigerant bertekanan dan temperatur tinggi. Alat ini jarang sekali rusak.


FILTER/STRAINER
Filter ( saringan ) berguna menyaring kotoran yang mungkin terbawa aliran bahan pendingin setelah melakukan sirkulasi. Sehingga tidak masuk kedalam kompresor dan pipa kapiler. Selain itu , bahan pendingan yang akan disalurkan pada proses berikutnya lebih bersih sehingga dapat menyerap kalor lebih maksimal. Filter ini sering kali juga meyebabkan Kulkas tidak dingin karena di dalamnya sudah terlalu kotor (timbulnya penyumbatan) sehingga mengganggu sirkulasi Refrigrant (di kenal dengan sebutan Freon) yang juga melewati pipa kapiler ( Pipa kapiler adalah pipa dengan lubang yg diameternya amat kecil sekali, mulai dari 0.27″ 0.31″ 0.54″ dan 0.70″ ).




AKUMULATOR
Merupakan alat yang berguna untuk mengumpulkan cairan refrigeran yang berasal dari kondensor. dengan adanya alat ini akan memudahkan pengaturan stock dari total refrigeran. Alat ini jarang sekali rusak dan letaknya dekat dengan evaporator


MAAF GAMBAR BELUM TERSEDIA






EVAPORATOR
Evaporator berfungsi menyerap panas dari benda yang di masukkan kedalam kulkas. Kemudian evaporator menguapkan bahan pendingin untuk melawan panas dan mendinginkannya. Sesuai fungsinya evaporator adalah alat penguap bahan pendingin agar efektif dalam menyerap panas dan menguapkan bahan pendingin, evaporator di buat dari bahan logam anti karat, yaitu tembaga dan almunium. Alat ini apabila bocor oli dari kompresor biasanya akan mengendap di dalamnya, sehingga harus diflusing terlebih dahulu agar kulkas kembali normal dan menghasilkan suhu dingin yang normal.



PIPA KAPILER
Pipa kapiler berfungsi sebagai alat untuk menurunkan tekanan, merubah bentuk dari gas menjadi bentuk cairan dan mengatur banyaknya cairan refrigerant yang berasal dari  pipa kondensor untuk diuapkan di evaporator. 



THERMOSTAT
Thermostat memiliki banyak sebutan antara lain temperatur kontrol dan cool control. Apapun sebutannya, thermostat berfungsi mengatur kerja kompresor secara otomatis bedasarkan batasan suhu pada setiap bagian kulkas. Thermostat biasanya disebut saklar otomatis yang bekerja berdasarkan pengaturan suhu. Jika suhu evaperator sesuai dengan pengatur suhu thermostat, secara otomatis thermostat akan memutuskan listrik ke kompresor. 
Thermostat terletak / menempel langsung di Evapurator kulkas. Cek pada pintu atas kebanyakan Evapurator saat ini, cabut kedua ujung kabel Thermostat tersebut kemudian hubungkan pada pada multytester dengan ukuran x1 ohm atau x10 ohm, jika pada jarum multytester bergerak naik menunjuk suatu angka itu berarti komponen Themo-fuse masih normal, tetapi jika sebaliknya jika jarum multytester tidak bergerak naik sama sekali itu sama dengan rusak segera ganti yang baru



HEATER (hanya terdapat di kulkas 2 pintu)
Hampir keseluruan kulkas nofrost dan sebagian kecil kulkas defrost dilengkapi dengan pemanas (heater). Pemanas berfungsi mencairkan bunga es yang terdapat di evapurator . Selain itu pemanas dapat mencegah terjadinya penimbunan bunga es pada bagian rak es dan rak penyimpan buah di bawah rak es. Apa bila alat ini rusak maka bunga es yang sudah terbentuk pada evaporator kulkas tidak akan dapat mencair dan dapat menimbulkan menumpuknya bunga es karena tidak dapat memanaskan dengan energi kalornya dan berakibat kipas tidak dapat menghembuskan udara dingin karena lubang-lubang pentalasi tertutup bunga es. bahkan kadang kipas dapat tersangkut oleh timbunan bunga es sehingga tidak dapat berputar.


FAN MOTOR/KIPAS
Fan motor atau kipas angin berguna untuk menghembuskan angin . pada kulkas ada dua jenis fan

  1. fan motor evaporator Berfungsi menghembuskan udara dingin dari evaporator keseluruh bagian rak (rak es , sayur ,dan buah). Jika kipas evaporator ini rusak bisa juga menyebakan kulkas menjadi tidak dingin karena evaporator yang sudah dingin tidak di hembuskan  ke dalam kulkas oleh kipas ini sehingga lama kelamaan akan terbentuk bunga es.
  2. fan motor kondensor Kipas angin ini diletakkan pada bagian bawah kulkas yang memiliki kondensor yang berukuran kecil. Kipas angin ini berfungsi mengisap atau mendorong udara melalui kondensor dan kompresor. Selain itu berfungsi juga untuk mendinginkan kompresor.




TIMER
Alat ini terletak di berbagai macam tempat, seperti di samping Compressor kulkas dan juga ada yang di dalam pintu bawah kulkas berbarengan dengan Thermostart Lampu penerangan kulkas. Timer kulkas ini yang yang menghubungkan kompresor bekerja dan heater bekerja (silih berganti).
Kalau mau cek kondisi komponen tersebut silahkan lepaskan ke empat kabel yang terhubung dan satu hal jangan lupa beri tanda / label pada kabel satu persatu, di maksud adalah untuk memudahkan pemasangannya kembali. Pada body Timer kulkas terdapat angka 1-2-3-4, pada kebanyakan Timer kulkas 1 dan 3 adalah untuk arus motor rotary ( berputarnya motor Timer ), silahkan Anda test kaki yang nomor 1 dan 3 dengan menggunakan multytester (gunakan skala x10 ohm atau x100 ohm) dan jika jarum bergerak naik menunjuk suatu angka itu berarti kumparan motor Timer tidak rusak, setelah itu silahkan Anda coba dengan hati-hati hubungkan kedua kaki Timer yang nomor 1 dan 3 ke Arus listrik langsung (220 volt) kemudian lihat di body Timer tersebut sebuah kotakan kecil transparan di maksud adalah untuk melihat putaran roda bergigi, dan jika masih berputar berarti Timer kulkas tersebut masih bisa di pakai tetapi kalau tidak berputar berarti minta ganti yang baru.



OVERLOAD
Overload adalah komponen pengaman yang letaknya menyatu dengan terminal kompresor. Cara kerjanya serupa dengan sekering yang dapat menyambung dan memutus arus listrik. Alat ini dapat melindungi komponen kelistrikan dari kerusakan, akibat arus yang dihasilkan kompresor melebihi arus acuan normal. Overload rusak Jika di duga bagian ini yang rusak biasanya tegangan menjadi turun dan hilang sama sekali (tidak ada tegangan yang masuk ke kompresor) ukur dengan menggunakan volt meter apakah sesuai dengan tegangan yang di butuhkan mesin pendingin




REFRIGERANT/FREON
Refrigerant adalah zat yang mudah diubah wujudnya dari gas menjadi cair, ataupun sebaliknya. Jenis bahan pendingin sangat beragam. Setiap jenis bahan pendingin memiliki karakteristik yang berbeda.

Persyaratan Freon :
  1. Tidak beracun, berwarna dan berbau
  2. Bukan termasuk bahan yang mudah terbakar.
  3. Bukan penyebab korosif
  4. Dapat bercampur dengan minyak pelumas kompresor
  5. Memiliki struktur kimia yang stabil
  6. Memiliki titik didih yang rendah
  7. Memiliki tekanan kondensasi yang rendah
  8. Memiliki tingkat penguapan yang rendah
  9. Memiliki kalor laten yang rendah
  10. Memiliki harga yang relatif murah

6 komentar:

  1. mantap infonya mas

    BalasHapus
  2. ada yang kurang:
    Dryer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dryer sm filter/strainer ap bedanya mas. Mohon di jawab :)

      Hapus
    2. Dryer sm filter/strainer ap bedanya mas. Mohon di jawab :)

      Hapus
  3. harga masing masing komponen berapa masbro?

    BalasHapus