Minggu, 15 Juli 2012

Membuat Alat Vakum Dari Kompresor Bekas

Nich pengalaman Saya waktu alat vakum Saya rusak, mau beli baru takutnya rusak lg dan selain itu hargany lumayan mahal. dari pada beli baru mending buat aj sendiri dan kebetulan ada kompresor bekas yg masih bagus.Alat-alat yg di butuhkan untuk membuat alat vakum ini adalah:
  • Mesin Las
  • kawat las
  • pentil
  • dan kompresor bekas minimal 1/8pk
Apasih guna mesin vakum untuk alat service mesin pendingin?setau saya memakai mesin vakum bs lebih cepat prosesnya di bandingkan vakum Body.
dan kenapa kompresor  harus divakum?
karena klu kompresor yg akan diisi freon tidak divakum terlebih dahulu Evaporator tidak dpt menghasilkan dingin karena msh terdapat zat lain, seperti udara dan partikel2 yg menggagu sirkulasi freon pd sistem. dengan pem-vakuman dapat mengeluarkan udara, partikel, dan zat2 lain yg dapat menggagu sirkulasi pd freon.maaf mas... byk ceritanya ya dr pd prakteknya?
Prakteknya
pertama siapkan dua buah pentil, knp harus dua pentil? krn selain buat vakum juga bisa buat nambah angin sepeda motor, percaya ga'?Las kedua pentil pd setiap pipa yg terdapat pd kompresor, yg satu pd pipa hisap dan yg satu lg pd pipa tekan. bin sala bim.... dah jd vakumnya.terus cr gunainnya gimana?klu untuk mem-vakum,
  1. lepas kepala pentil pd pipa tekan
  2. pasang selang manifold warna kuning pd pipa hisap
  3. pasang selang manifold warna biru pd kompresor yg akan divakum
  4. hidupkan mesin vakum rakitan dan buka keran manifold warna biru.
  5. saat mesin vakum di hidupkan jangan menghidupkan kompresor yg akan di vakum, dan kompresor tidak boleh bocor.
  6. biarkan udara dari kompresor di hisap mesin vakum dan dikeluarkan dari pipa tekan pd mesin vakum
  7. tunggu lebih kurang 30menit untuk mendapatkan hasil vakum yg maksimal antara -20psi s/d -30psi, sambil menunggu hasil pem-vakuman lebih baik nikmati dulu minuman yg disajikan tuan rumah, tp klu minumannya ga' di sediai.. ya beli sendiri...kwk...kwk...kwk...
  8. setelah mendapat hasil yg di inginkan tutup kembali keran manifold dan matikan mesin vakum. selesai dech dan tinggal langkah mengisi freon, jgn lupa lepas selang warna kuning dr mesin fakum dan pindah kan selang tersebut ke tabung freon.

klu untuk memompa ban sepeda motor:
  1. lepas kepala pentil pd pipa hisap
  2. pasang selang pd pipa tekan yg nantinya memompa banl sepeda motor

NB. guna melepas kepala pentil, agar udara dapat keluar dan masuk melalui mesin vakum
selesai dech....semoga bermanfaat....

13 komentar:

  1. tekanan vakum itu kan mentok -15 psi? kq ada -20, -30 tuh gmn y?

    BalasHapus
  2. Yang di vakum kompresornya hrs lbh kecil dr yg memvakum. Kalau kompresor untuk vakumnya sm besar ya ga' bs dpt -30psi. Jadi devinisinya kompresor yg buat vakum hrs lbh besar PKnya mas.

    BalasHapus
  3. mmmm... kayakx g nyambung deh :-)
    maksud sy tek vakum itu klo kita cek dengan vakum meter maksimal yg bisa didapt adalah -15 psi atau -76cmHg. Nilai ini sama dengan tekanan 0 bar/atm absolut. nah karena ada nilai minus, artinya kita bicara tekanan relatif gauge. klo tekanan gauge bisa -30 artinya kan tek absolutnya -1 atm ??? (tidak ada tek abs minus) klo bicara PK itu kan utk daya, udh beda cerita lagi.
    maaf tidak bermaksud mnggurui y.. munkn juga sy yg kurang paham, atw salah memahami penjelasan anda. Tks.

    BalasHapus
  4. pressure gauge yang dipakai untuk ac atau kulkas memang memiliki sekala dalam psi dan kgf/cm2 , akan tetapi saat dipergunakan dalam kondisi vacum, nilai gauge dibawah 0 bukan lagi dengan satuan dengan psi dan kgf/cm2 melainkan inHg dan cmHg, jadi saat jarum menunjukan -30 artinya -30 inHg atau -76 cmHg.

    BalasHapus
  5. Mas maaf kalau boleh tnya......pada kompresor bagian mana yang untuk hisap.dan bagaimana cara pasang pentilnya,mksh mas atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg hisap ada 2 pipa mas, yg satu dibuntukan dgn cara di las, dan yg satu lg dipasang pentil yg biasa untuk isi freon dengan cara di las

      Hapus
  6. Mas ma.af mau nanya itu untuk memvacum kompresorny aj ap sma sistemny skalian ??

    BalasHapus
  7. mantap tu mas aku juga menggunakan pakum buatan sendiri ya menggunakan kompresor bekas.kebetulan saya mah gunakan kompresor bekas freezerrrrrr lebih yahuuut.kan tenaga nya lebih gede. wal hasil pemakuman hanya kurang dari 20 menit udah klar. lain cerita klo masih ada yg bocor las2 an...3 minggu gak klar2 hahahahahahaa

    BalasHapus
  8. Mas kevin,maaf nanya soalnya msh pemula.pasang pentil vacum dikulkas biasanya disaringan apa dikompresor?trus pentil vacum skalian buat isi freon ya?mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pentil dalam hal merakit vacuum dr Kompresor di las di pipa tekan dan hisap.
      Utk isi freon, yg sebelumnya hrs divacuum, potong pipa hisap di Kompresor (pendek, buntu) lalu pasang pentil (pemasangan pentil dgn cara las, bagus nya las Oxy+Acetilen), klo pk brander las, pakai perisai di belakangnya biar api ngga hilang panasnya.
      Kesimpulan :
      Utk rakitan vacum, pipa tekan psg pentil tuk pompa ban mtr.
      Pipa hisap pasang pentil tuk memvacum.
      Kompresor kulkas yg divakum, pasang pentil pada pipa pendek (dibuntukan dr pabrik) sbg jalan masuk pvakuman dan pengisian freon.

      Hapus
  9. Mmg simple klw menggunakan vacum dr kompresor,sy jg pake vacum dr kompresor outdoor yg 1 pk.hasilnya jg bagus.....

    BalasHapus
  10. Mmg simple klw menggunakan vacum dr kompresor,sy jg pake vacum dr kompresor outdoor yg 1 pk.hasilnya jg bagus.....

    BalasHapus