Jumat, 13 Juli 2012

Memvakum Kompressor Kulkas Tanpa Mesin Vakum

Pada prinsipnya freon yang akan dimasukan, kompresor harus dalam keadaan hampa dari udara. untuk menghampakan ruang kompresor hendaknya kompresor harus divakum lebih dahulu, Masalahnya mesim vakum ga' ada mas............! memangsih pada prinsipnya menggunakan mesin vakum lebih cepat untuk mendapatkan tekanan dibawah 0 s/d -30psi.
tapi tidak perlu cemas, masih ada ko' cara memvakum kompresor tanpa harus menggunakan mesin vakum. caranya yaitu dari pipa streainer/saringan.
Alat-alat yang di butuhkan adalah sebagai berikut :
  1. Tang Ampere
  2. Manifold Gauge
  3. Mesin Las Hi-Cook
  4. Methyl (cairan pembersih)
  5. Freon/Refrigerant R134a 
  6. pipa kapiler
Prakteknya...........?
  1. Pasang pentil dengan cara mengelas pada pipa untuk pengisian Freon yang terdapat pada kompresor.Ingat....! sebelum pentil dilas lepas dulu karet penekan pada pendil, klu tidak sil pada pentil akan terbakar karena panas
  2. Setelah pentil terpasang, potong pipa pendek yang terdapat pada saringan/strainer yang biasanya juga sudah dibuntukan dari pabrik pembuatan kulkas, dan setelah pipa dipotong pasang pipa kapiler pada pipa yang telah dipotong tadi. guna pemasangan pipa kapiler agar lubang pipa tekan lebih kecil dari pada pipa hisap (pentil pengisian freon)
  3. setelah pipa kapiler terpasang, pasang selang manifol warna biru pada pentil pengisian freon dan keran manifold harus dalam keadaan tertutup. jangan lupa memasang penekan pentil yang dilepas tadi.
  4. ambil wadah kecil sebagai tempat methyl bisa juga menggunakan tutup botol AQUA, dan isi botol aqua tersebut denngan methyl.

  5. hidupkan kompresor kulkas dan pang tang amper pada salah satu kabel yang menuju overload dan dari pipa kapiler yg dibuat tadi akan mengeluarkan tekanan angin yang kencang, setelah angin keluar tidak kencang lagi letakan wadah yang berisi cairan methyl tadi pada ujung pipa dimana keluarnya angin guna untuk mengetahui masih ada atau tidaknya gelembung udara yang keluar. Catatan: untuk mengetahui gelembung udara tidak boleh menggunakan cairan lain, contoh air.

  6. setelah kurang lebih 35menit biasanya gelembung udara sudah hilang dan jarum pada manifold menunjukan angka di bawah 0s/d-30psi. kalau dalam waktu tersubut gelembung masih ada dan tekanan belum mencapai -20s/d-30psi berarti masih ada kebocoran pada pipa hisap dan mungkin pada lasan di pentil.

  7. Setelah angka sudah menunjukan angka di bawah -20s/d-30 dan gelembung sudah benar-benar hilang, cepit pipa tempat keluarnya gelembung tadi dengan tang dan las mati hingga benar-benar buntu.
    pemakuman pun selesai dan tinggal langkah selanjutnya yaitu pengisian freon yang akan Saya bahas di posting berikutnya..
Selamat mencoba, timbulkan keyakinan. orang lain bisa kenapa kita tidak.........?

12 komentar:

  1. Bleh bro ane bsk mau d praktekin...mudah"an berhasil dan bs bawa duit hasil kerjanya..amien.

    BalasHapus
  2. Maaf mass mau nanya untuk pengisian freon Bikin pentil nya dimana. Kan ada 3 pipa keluar dan yang buntu ada 2 .1 dekat kompresor. Satu lagi dekat filter yang mana harus di sambung kn trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurut saya ya yg dekat Kompresor, kalo yg di filter itu yg kecil.. (mungkin)

      Hapus
    2. Kalo menurut saya ya yg dekat Kompresor, kalo yg di filter itu yg kecil.. (mungkin)

      Hapus
  3. pelajaran yang super sekali bagi .terima kasih mas Kevin

    BalasHapus
  4. Saya blm pernah coba cara ini... yg saya ingin tanyakan pada saat comoressor dinyalakan angin yg keluar dr kapiler yg terbuka pd stainer/filter apa benar" vacum trus angin yg kekapiler satunya(yg keevaporator) apa tdk balik lg kesuction compressor ??
    Mohon petunjuk n jawabannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya tentu nya tidak mas tapi mirip nya pada posisi kompresor masih hidup jangan di mati

      Hapus
  5. Thanks reviewnya gan sangat bermanfaat artikelnya. Perkenalkan kami dari CV Anugerah Teknik Abadi yang bergerak dibidang jasa service AC, Kulkas, Mesin Cuci, Dispenser, Showcase, Freezer, dan lainnya. Untuk info lebih silahkan kunjungi website kami di Service AC Surabaya, Service Mesin Cuci Sidoarjo, Service Kulkas Sidoarjo

    BalasHapus
  6. Posting cara flusing dong

    BalasHapus
  7. Mohon bantuannya om ..ni kulkas saya ganti kompressor soalnya kompressor lama udah tidak mompa lagi....kompressor baru seblum dipasang normal nyala tahan lama tapi pas udah dipasang mau divakum mesin dihidupkan beberapa detik mati. Kira kira apa penyebabnya mas...mohon bantuannya

    BalasHapus