Jumat, 13 Juli 2012

Memvakum Kompressor Kulkas Tanpa Mesin Vakum

Pada prinsipnya freon yang akan dimasukan, kompresor harus dalam keadaan hampa dari udara. untuk menghampakan ruang kompresor hendaknya kompresor harus divakum lebih dahulu, Masalahnya mesim vakum ga' ada mas............! memangsih pada prinsipnya menggunakan mesin vakum lebih cepat untuk mendapatkan tekanan dibawah 0 s/d -30psi.
tapi tidak perlu cemas, masih ada ko' cara memvakum kompresor tanpa harus menggunakan mesin vakum. caranya yaitu dari pipa streainer/saringan.
Alat-alat yang di butuhkan adalah sebagai berikut :
  1. Tang Ampere
  2. Manifold Gauge
  3. Mesin Las Hi-Cook
  4. Methyl (cairan pembersih)
  5. Freon/Refrigerant R134a 
  6. pipa kapiler
Prakteknya...........?
  1. Pasang pentil dengan cara mengelas pada pipa untuk pengisian Freon yang terdapat pada kompresor.Ingat....! sebelum pentil dilas lepas dulu karet penekan pada pendil, klu tidak sil pada pentil akan terbakar karena panas
  2. Setelah pentil terpasang, potong pipa pendek yang terdapat pada saringan/strainer yang biasanya juga sudah dibuntukan dari pabrik pembuatan kulkas, dan setelah pipa dipotong pasang pipa kapiler pada pipa yang telah dipotong tadi. guna pemasangan pipa kapiler agar lubang pipa tekan lebih kecil dari pada pipa hisap (pentil pengisian freon)
  3. setelah pipa kapiler terpasang, pasang selang manifol warna biru pada pentil pengisian freon dan keran manifold harus dalam keadaan tertutup. jangan lupa memasang penekan pentil yang dilepas tadi.
  4. ambil wadah kecil sebagai tempat methyl bisa juga menggunakan tutup botol AQUA, dan isi botol aqua tersebut denngan methyl.

  5. hidupkan kompresor kulkas dan pang tang amper pada salah satu kabel yang menuju overload dan dari pipa kapiler yg dibuat tadi akan mengeluarkan tekanan angin yang kencang, setelah angin keluar tidak kencang lagi letakan wadah yang berisi cairan methyl tadi pada ujung pipa dimana keluarnya angin guna untuk mengetahui masih ada atau tidaknya gelembung udara yang keluar. Catatan: untuk mengetahui gelembung udara tidak boleh menggunakan cairan lain, contoh air.

  6. setelah kurang lebih 35menit biasanya gelembung udara sudah hilang dan jarum pada manifold menunjukan angka di bawah 0s/d-30psi. kalau dalam waktu tersubut gelembung masih ada dan tekanan belum mencapai -20s/d-30psi berarti masih ada kebocoran pada pipa hisap dan mungkin pada lasan di pentil.

  7. Setelah angka sudah menunjukan angka di bawah -20s/d-30 dan gelembung sudah benar-benar hilang, cepit pipa tempat keluarnya gelembung tadi dengan tang dan las mati hingga benar-benar buntu.
    pemakuman pun selesai dan tinggal langkah selanjutnya yaitu pengisian freon yang akan Saya bahas di posting berikutnya..
Selamat mencoba, timbulkan keyakinan. orang lain bisa kenapa kita tidak.........?

2 komentar: