Senin, 21 Januari 2013

Cara membuat USB/DVD Bootable windows 7

berikut ini Saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat USB atau DVD bootable agar dapat Booting ke PC/Laptop Anda. USB/DVD untuk menginstal OS windows 7 tidak akan booting bila file2 instalan windows 7 belum dirubah menjadi file *ISO dan melakukan pembakaran pada DVD dengan benar. sebab file-file tersebut tidak akan terbaca oleh BIOS. Sebelum kita membuat USB atau DVD Bootable kita harus memiliki software tertentu dan software tersebutlah yang akan membantu kita untuk pembuatan USB/DVD bootable, software tersebut adalah :
  1. windows bootable image creator
  2. HPUSBDisk
  3. Windows7-USB-DVD-tool
sejak Saya menggunakan software2 tersebut tidak pernah terjadi kegagalan.

Langkah 1
setelah kita memiliki File-file untuk mengistall windows 7, file-file tersebut harus kita rubah menjadi file ISO menjadi satu Image yaitu dengan menggunakan software windows bootable image creator contoh seperti gambar dibawah ini. software ini sifatnya portable jadi tidak perlu di instal, jalankan aja file *exe nya.
isi kolom CD/DVD Label dengan judul file *ISO yang anda inginkan contoh : windows 7 ultimate.
dan kemudian pada kolom Setup Location cari lokasi dimana anda menyimpan folder file-file yang akan di jadikan file *ISO setelah itu isi juga kolom Output Path dengan lokasi dimana anda ingin menyimpan file yang sudah dijadikan *ISO, setelah itu Klik (GO>) dan akan timbul tampilan seperti gambar di bawah ini.


setelah proses pembuatan file iso selesai klik tombol Close pada Software tersebut dan anda akan mendapatkan file seperti gambar di bawah ini.


Sampai disini pembuatan File *ISO nya telah selesai dan kemudian baru tahap selanjutnya yaitu membakar ke DVD atau menyalin ke USB flashdisk menggunakan software Windows7-USB-DVD-tool

Langkah 2

Setelah kita telah memiliki file *ISO windows 7, tahap selanjutnya kita akan membakar atau menyalin file *ISO tersebut ke USB/DVD dengan menggunakan software Windows7-USB-DVD-tool yang sebelum telah di instal.
 
cari file *ISO yang kita simpan tadi dengan mengklik Browse pada software diatas kemudian tekan next.
setelah tampil seperti gambar di atas kita tinggal memililih kemana file *ISO tersebut akan kita salin, ke USB atau DVD.

bila akan menyalin ke USB flashdisk format dulu USB flashdik tersebut menggunakan software HPUSBDisk ,tapi jika ingin membakarnya ke DVD, masukan DVD kosong anda ke DVD ROM pada PC/Laptop anda. tunggu sampai proses selesai dan setelah itu USB/DVD siap digunakan untuk menginstal OS windows anda.
SELAMAT MENCOBA..........!

kalau belum punya softwarenya silahkan klik download
HPUSBDisk

1 komentar:

  1. mas saya izin copy paste artikelnya untuk mudah dalam penginstalan

    BalasHapus